Ilmu Pengetahuan

Panduan Zakat


Zakat merupakan ibadah yang wajib dijalankan oleh setiap muslim dan muslimah yang telah memenuhi syarat diantaranya adalah muslim, berakal, baligh, dan memiliki harta sendiri dan sudah mencapai nisab. Zakat terbagi menjadi dua macam yaitu zakat nafs (jiwa), atau yang sering kita sebut zakat fitrah dan zakal mal (harta).
Sesuatu dapat disebut mal apabila memenuhi dua syarat yaitu dapat dimiliki, atau disimpan, dihimpun, dan dikuasai. Selain itu dapat diambil manfaatnya sebagaimana lazimnya. Misalnya: uang, rumah, perak, mobil, emas, ternak, hasil pertanian, dan lain sebagainya. Fungsi zakat sendiri adalah untuk mensucikan harta yang kita miliki. Selain itu juga mendidik masyarakat lebih tepatnya mengingatkan masyarakat bahwa apa yang ada di tangan kita bukanlah milik kia seutuhnya. Ada hak orang lain disana.

Setiap harta yang sudah mencapai nisab harus dikeluarkan zakatnya. Yang dimaksud dengan nisab adalah syarat jumlah minimum harta yang dapat dikategorikan sebagai harta wajib zakat. Dengan demikian, batasan nisab hanya diperlukan bagi orang yang sedikit hartanya, untuk mengetahui apakah dirinya telah wajib membayar zakat atau belum. Bila seseorang memiliki emas dan perak dalam jumlah besar, maka ia tidak lagi perlu untuk mengetahui batasan nisab, karena sudah pasti bahwa ia telah wajib membayar zakat.

Read more: Panduan Zakat

Tips Penanganan Hewan Qurban, Tentang bau prengus pada daging

Sebentar lagi kita akan merayakan Hari Raya 'Idul Adha, dimana di hari itu dan hari tasyrik akan ada penyembelihan hewan Qurban. Kami sampaikan tips dari Drh. Supriyanto, MPVH seputar daging dan penyembelihan Hewan Qurban. Berikut adalah uraian tips penangan hewan qurban.

Sewaktu memberikan penyuluhan (atau lebih tepatnya berbagi pengalaman) seputar daging dan penyembelihan, salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah masalah bau prengus pada daging. Hal ini menjadi penting untuk sebagian orang yang tidak tahan dengan bau tersebut (Istri saya termasuk salah satunya).

Ada banyak anggapan masyarakat tentang penyebab bau ini, misalnya dihubungkan dengan posisi hewan bernafas sewaktu disembelih, banyaknya tarikan pisau dll.

Beberapa hal berikut ini saya coba ulas dalam sudut pandang sebagai dokter hewan RPH.

Darimana asal bau prengus?

Daging yang berbau prengus biasanya adalah daging kambing terutama kambing jantan. Hal ini disebabkan Kambing jantan mempunyai kelenjar bau yang terletak di daerah sekitar tanduk.
Sebenarnya fungsi kelenjar bau ini adalah identitas atau alat pengenal,
biasanya digunakan oleh pejantan untuk menandai wilayah. Jadi kalau sering kita lihat kambing jantan menggosok2kan kepalanya ke pohon atau tembok, adalah dalam rangka mengeluarkan bau tersebut untuk menandai area wilayahnya.

Read more: Tips Penanganan...

Air Susu Ibu

ASI  (Air susu Ibu) merupakan cairan ciptaan Allah yang tiada tandingannya untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi dan melindunginya terhadap infeksi. Keseimbangan zat-zat gizi dalam air susu ibu berada pada tingkat terbaik dan air susunya memiliki bentuk paling baik bagi tubuh bayi yang baru lahir.

Ketika bayi masih di dalam kandungan ia ditumbuhkan dengan darah ibunya, setelah ia lahir, darah tersebut berubah menjadi susu yang merupakan makanan utama dan terbaik bagi bayi. Ketika ia lahir dan terpisah dari kandungan ibunya, hanya ASI yang paling cocok dan paling sesuai dengan perkembangannya.

Read more: Air Susu Ibu

Tanda-tanda yang Nyata di Danau Luth

Ayat ke-82 dari AlQuran surat Huud dengan jelas menyebutkan jenis bencana yang menimpa kaum Luth. "Maka tatkala datang azab Kami, Kami jadikan negeri Kaum Luth itu yang atas ke bawah (Kami balikkan), dan Kami hujani mereka dengan (batu kelereng) tanah yang terbakar secara bertubi-tubi."

Pernyataan "menjungkirbalikkan (kota)" bermakna kawasan tersebut diluluhlantakan oleh gempa bumi yang dahsyat. Sesuai dengan ini, Danau Luth, tempat penghancuran terjadi, mengandung bukti nyata dari bencana itu.

Read more: Tanda-tanda yang...