Sujud Tilawah artinya sujud bacaan. Disunatkan sujud bagi orang yang membaca ayat-ayat Sajdah, begitu juga orang yang mendengarnya. Apabila orang yang membacanya sujud, maka yang mendengar atau makmum sujud pula; tetapi apabila yang membacanya tidak sujud, yang mendengar tidak disunatkan sujud pula.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda,"Dari Abu Hurairah, bahwa Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, telah berkata,"Apabila manusia membaca ayat Sajdah, kemudian ia sujud, menghindarlah setan dan ia menangis seraya berkata,'Hai celaka! Anak Adam (manusia) disuruh sujud, lantas ia sujud, maka baginya surga dan saya disuruh sujud juga, tetapi saya enggan (tidak mau), maka bagi saya neraka'. (Riwayat Muslim)

Dari Ibnu Umat,"Sesungguhnya Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam pernah membaca Qur'an di depan kami. Ketika bacaannya sampai pada ayat Sajdah, beliau takbir, lalu sujud, maka kami pun sujud bersama-sama beliau." (Riwayat Tirmizi)

Bacaan sujud tilawah

 

 

Aku sujud kepada Tuhan yang menjadikan diriku, Tuhan yang membukakan pendengaran dan penglihatan dengan kekuatannya. (Riwayat Tirmizi)

Rukun sujud tilawah

Rukun sujud tilawah di luar shalat yaitu (1) Niat, (2) takbirotul Ikhrom, (3) sujud, (4) memberi salam sesudah duduk

Syarat-syarat sujud tilawah

Syarat-syarat sujud tilawah sebagaimana syarat shalat, seperti suci dari hadas dan najis, menghadap kiblat serta menutup aurat.

Ini pendapat sebagian ulama. Mereka mendasarkan keadaan sujud itu sebagaimana keadaan dalam shalat. Sebagian ulama yang lain berpendapat tidak disyaratkan suci dari hadast dan tidak pula diharuskan suci pakaian dan tempat.

Ayat-ayat sajdah

akhir surat Al-A'raf
ayat 15 surat Ar-Ra'd
ayat 50 surat an-Nahl
ayat 109 surat Al-Isra
ayat 58 surat Maryam
ayat 18 surat Al-Hajj
ayat 77 surat Al-Hajj
ayat 60 surat Al-Furqan
ayat 26 surat An-Naml
ayat 15 surat As-Sajdah
ayat 24 surat Sad
ayat 38 surat Hamim
akhir surat An-Najm
ayat 21 surat Al-Insyiqaq
akhir surat Al-'Alaq

Di dalam Al-Qur'an ayat-ayat tersebut diberi tanda dengan tulisan yang menunjukkan bahwa ayat itu adalah ayat Sajdah.

Sumber: Fiqh Islam/H. Sulaiman Rasjid