Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam menghafal Al-Quran menurut Ustadz Yusuf mansyur

  • Jangan terburu-buru. Bila ingin menghafal satu ayat  diulang beberapa kali misalnya sampai 5 kali kemudian langsung ingin menghafal ayat berikutnya, tidak akan membuat hafalan itu bertahan lama. Pelan-pelan saja. Lakukan pengulangan hafalan 20 sampai 40 kali. Pengulangan hafalan itu tidak hanya sekali tapi berkali-kali dalam sehari. Bila benar-benar sudah hafal baru memulai untuk menghafal ayat selanjutnya.
  • Cobalah menikmati ayat yang Anda hafal. Resapi ayat dan makna artinya sehingga ayat itu benar-benar masuk ke dalam hati dan pikiran.
  • Setelah Anda berusaha menghafalnya sampai 40 kali, dan Anda benar-benar yakin sudah hafal, coba gunakan pada sholat sunnah. Baca ayat yang sudah Anda hafal pada sholat sunnah, walaupun itu hanya 1 ayat.
  • Lakukan proses membaca berulang-ulang. Karena dengan membaca berulang-ulang bisa dikatakan proses menghafal juga. Coba baca berulang-ulang satu ayat sampai terus hafal 1 surat.
  • Misalnya saja Anda menghafal surat An-Naba' 39 ayat atu surat Al-Mulk 30 ayat. Lakukan penghafalan atau setidaknya baca berulang-ulang selama 40 hari untuk An-Naba' dan 30 hari untuk Al-Mulk. Lakukan setiap hari. Dibaca berulang-ulang sambil dihafal. Jangan berhenti pada menghafal ayatnya. Lakukan juga mengerti artinya.
  • Menghafal itu jangan seperti mengejar setoran. Pengennya cepat hafal tetapi yang didapat cepat lupa. Lakukan dengan santai tapi pasti.
  • Bila Anda merasa sedang menghafal 1 ayat yang panjang, maka lakukan dengan pelan-pelan. Lakukan membaca berulang-ulang sampai 40 kali. Menghafal 1 ayat panjang itu dalam sehari pun tidak masalah asalkan benar-benar meresap di hati.
  • Coba untuk menghafal Juz Amma selama 1 tahun. 1 tahun sama dengan 365 hari. Juz amma terdiri dari 271 baris. Itu belum di potong surat-surat pendek yang kita hafal. Mungkin hanya 200 baris sisanya.
  • Yang harus diingat adalah menghafal Al-quran itu melebihi menabung uang atau emas. Bila menghafal dengan cara sering membaca berulang-ulang, itu sama halnya dengan menabung pahala dan kebaikan.
  • Misalnya bila kita menghafal surat An-Naba sebanyak 39 huruf. Pahala membaca 1 huruf sama dengan 10 kali sampai dengan  100 kali lipat. Bila Anda lakukan mengulang-ulang bacaan sampai 40 kali, berapa Anda sudah menabung pahalanya.
  • Allah selalu memberikan kebaikan semacam bonus kepada kita yang juga senang melakukan kebaikan di dunia. Tetapi untuk pemberian bonus yang sesungguhnya terjadi pada saat kita dihisab. Kebaikan-kebaikan dari Allah bisa kita minta pada saat ini.  Bagi yang belum berjodoh, minta sama Allah. Bonus menghafal Al-Quran berupa jodoh yang bisa sama-sama menghafal sehingga punya keturunan yang hafal Al-quran. Yang punya hutang, minta bonus menghafal sama Allah berupa lunasnya hutang. Yg lagi belajar, kuliah, minta bonus kuliah ke jenjang yang lebih tinggi, dan seterusnya. Yang terpenting adalah lakukan menghafal Al-Quran dengan senang hati, menikmati setiap ayatnya, mengerti makna artinya, bila perlu cobalah untuk mendakwahkannya. Semoga Allah meridhoi kita semua.

Dirangkum dari Tweet Ustadz Yusuf Mansyur