Orang yang sedang tidur diibaratkan seperti orang yang sedang mati, sedangkan orang yang bangun dari tidur seperti orang yang dibangkitkan dari kematiannya. Inilah bentuk kuasa Allah. Ketika seseorang dibangunkan dari tidurnya, maka sama halnya Allah memberikan kesempatan kepadanya untuk menikmati kehidupan. Dan sudah sewajarnya bagi kita manusia mensyukuri apa yang telah Allah beri. Allah sudah memberi kita hidup, Allah memberikan kita kenikmatan menghirup udara, memberikan kita kesehatan sehingga kita mampu mencari rezeki yang sudah Allah tebar di muka bumi ini. Tetapi sayangnya banyak orang yang enggan menjemput kenikmatan yang Allah beri. Banyak yang melalaikan sholat subuh karena tidak bisa bangun pagi, padahal sholat subuh merupakan pembuka rezeki.

Banyak ibadah yang bisa dilakukan setelah bangun tidur. Berikut ini adalah beberapa hal yang biasa dilakukan oleh Rasulullah SAW setiap kali bangun tidur. Selain bernilai ibadah, sunnah ini juga dapat menyehatkan tubuh. Apasaja itu?

Menghilangkan rasa kantuk dengan mengusap-usap wajah

Hal pertama yang Rasulullah lakukan ketika bangun tidur adalah mengusap wajah dengan tangannya. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan rasa kantuk. Setelah mengusapkan tangannya ke wajah, lalu Nabu membaca 10 ayat yang terakhir sari surat Ali-Imran. Menurut Imam an-Nawawi dan al-Hafizh Ibnu Hajar, hal ini dianjurkan berdasarkan hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam”

“Saat Rasulallah shallallahu `alaihi wasallam bangun dari tidur, beliau duduk dan mengusap wajahnya dengan tangannya untuk menghilangkan kantuk,” (HR. Imam Muslim).

Membaca Do’a Bangun Tidur

Membaca doa merupakan amalan yang dianjurkan untuk dilakukan sebelum atau sesudah melakukan sesuatu. Membaca doa setelah bangun tidur juga menjadi salah satu sunnah dari Nabi SAW. Membaca doa tersebut sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat usia yang telah diberi. Adapun doa yang harus diucapkan memiliki arti sebagai berikut:

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan,” (HR. Al-Bukhari)

Bersiwak

Sunnah selanjutnya yang dilakukan oleh Rasulullah ketika bangun tidur adalah bersiwak. Siwan merupakan nama untuk sebuah kayu yang digunakan untuk menggosok gigi. Jika pada zaman sekarang ini, bersiwak berarti menggosok/membersihkan gigi untuk menghilangkan kotoran pada gigi dan juga untuk menjaga kebersihan mulut.

“Apabila bangun dari tidur di malam hari, Rasulallah shallallahu `alaihi wasallam menggosok gigi dengan siwak,” (HR. Al-Bukhari dan Imam Muslim)

Ada banyak manfaat yang diperoleh apabila menggosok gigi ketika bangun tidur. Terlebih lagi bagi mereka yang hendak sholat malam. Tidak hanya dapat menyegarkan, gosok gigi juga akan menghilangkan bau mulut sehinggan tidak membuat malaikat yang turut dari dalam sholat malam terganggu.

Mendenguskan Angin Dari Lubang Hidung

Sunnah selanjutnya adalah mendenguskan angin dari lubang hidung. Caranya adalah ketika bangun tidur, masukkan air ke dalam hidung dengan cara disedot dan lakukan sebanyak tiga kali. Tujuannya adalah untuk membersihkan rongga hidung, sebab ternyata selama manusia tidur setan menginap di dalam lubang hidungnnya. Seperti sabda Rasulullah SAW:

Memasukkan air ke dalam hidung dengan cara disedot dalam bahasa arab disebut istinsyaq dan mengeluarkannya disebut istintsar.

“Apabila salah seorang diantara kalian bangun tidur, hendaknya ia mendenguskan angin melalui lubang hidungnya sebanyak 3 kali. Karena syetan biasanya mendekam di lubang hidung,” (HR. Muttafaq `Alaih)

Membasuh Kedua Tangan Sebanyak 3 Kali

Sunnah Rasulullah yang terakhir ketika bangun tidur adalah membasuh kedua tangan menggunakan air sebanyak tiga kali. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:  “Apabila salah seorang diantara kalian bangun tidur, jangan langsung mencelupkan tangannya ke dalam bejana wudhu sebelum membasuhnya sebanyak 3 kali,” (HR. Al-Bukhari dan Imam Muslim)

Itulah sunnah-sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah ketika bangun tidur. Biasanya, apabila Rasulullah bangun dari tidurnya, Beliau terus membaca ayat suci Al-quran seusai melaksanakan sholat subuh. Selain itu Rasulullah juga banyak berdzikir hingga terbit matahari. 

Diolah dari beberapa sumber