Ada Apa di Bulan Sya'ban?

Tak terasa saat ini kita telah memasuki bulan sya'ban, bulan antara bulan rajab dan ramadhan.  Bulan Sya’ban merupakan bulan yang penuh kebaikan. Sering kali orang lebih menantikan bulan Ramadhan sehingga lalai untuk beramal sholeh di bulan Sya'ban ini. padahal di bulan sya'ban inilah segala amal ibadah dinaikkan kepada Allah.

Selain merupakan bulan yang penuh kebaikan, tahukah Anda, sebenarnya di bulan Sya'ban ada peristiwa apa saja?

Pada bulan Sya'ban Allah menurunkan ayat 56 dari Surah Al Ahzaab :

"Sesungguhnya Alloh dan para malaikatNya bershalawat untuk Nabi, wahai orang² beriman bershalawatlah untuknya dan bersalamlah dengan sebenar benar salam".

Dalam kitab "Maa Dzaa Fii Sya'ban" "apa yg ada dlm bulan Sya'ban" karya Prof.Dr. Abuya AlHabib Sayyid Muhammad bin Alawi AlMaaliky AlHasany, disebutkan bahwa sebagian Ulama berkata, bulan Sya'ban bulan berShalawat ke atas Baginda Sallallahu Alaihi Wasallam.

Dengan arti kata yang lain, bulan Shalawat dilipat gandakan bagi pencinta²nya.

Di bulan Sya'ban juga terjadi perubahan arah kiblat dari Baitul Maqdis ke Ka'bah Baitulloh.

Dalam Surah al Baqarah ayat 144 :
“Sering Kami melihat kamu (wahai Muhammad) berulang kali menengadah ke langit, maka Kami benarkan kamu berpaling mengadap kiblat yang kamu sukai, oleh itu hadapkan mukamu ke arah Masjidil Haram (tempat letaknya Ka'bah); Dan di mana saja kamu berada, maka hadaplah mukamu ke arahnya. Sesungghunya orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberikan Al-Kitab (Taurat dan Injil), mereka mengetahui bahwa perkara (berkiblat ke Ka'bah) itu adalah perintah yang benar dari Tuhan mereka dan Alloh tidak sekali-kali lalai akan apa yang mereka lakukan.”

Amalan Yang Ada Tuntunannya di Bulan Sya'ban

Bulan Sya’ban merupakan bulan latihan, pembinaan dan persiapan diri agar menjadi orang yang sukses beramal shalih di bulan Ramadhan. Untuk mengisi bulan Sya’ban dan sekaligus sebagai persiapan menyambut bulan suci Ramadhan, ada beberapa hal yang selayaknya dikerjakan oleh setiap muslim.

Segera bertaubat dari semua dosa dengan menyesali dosa-dosa yang telah lalu, meninggalkan perbuatan dosa tersebut saat ini juga, dan bertekad bulat untuk tidak akan mengulanginya kembali pada masa yang akan datang.

Memperbanyak doa agar diberi umur panjang sehingga bisa menjumpai bulan Ramadhan.

Memperbanyak puasa sunnah di bulan Sya’ban agar terbiasa secara jasmani dan rohani. Ada beberapa cara puasa sunah yang dianjurkan di bulan Sya’ban, yaitu: Puasa Senin-Kamis setiap pekan ditambah puasa ayyamul bidh (tanggal 13,14 dan 15 Sya’ban), atau puasa Daud, atau puasa lebih banyak dari itu dari tanggal 1-28 Sya’ban.
Dalam bulan Sya'ban, Rasulullah SAW memperbanyak puasa sunah. Bahkan beliau hampir berpuasa satu bulan penuh, kecuali satu atau dua hari di akhir bulan saja agar tidak mendahului Ramadhan dengan satu atau dua hari puasa sunah. Berikut ini dalil-dalil syar’i yang menjelaskan hal itu:

عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا أَنَّهَا قَالَتْ: وَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ قَطُّ إِلَّا رَمَضَانَ وَمَا رَأَيْتُهُ فِي شَهْرٍ أَكْثَرَ مِنْهُ صِيَامًا فِي شَعْبَانَ

Dari Aisyah R.A berkata: “Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW melakukan puasa satu bulan penuh kecuali puasa bulan Ramadhan dan aku tidak pernah melihat beliau lebih banyak berpuasa sunah melebihi (puasa sunah) di bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 1969 dan Muslim no. 1156)

Mengakrabkan diri dengan Al-Qur’an dengan cara membaca lebih dari satu juz per hari, ditambah membaca buku-buku tafsir dan melakukan tadabbur Al-Qur’an.

Meresapi kelezatan shalat malam dengan melakukan minimal dua rakaat tahajud dan satu rekaat witir di akhir malam.

Meresapi kelezatan dzikir dengan menjaga dzikir setelah shalat, dzikir pagi dan petang, dan dzikir-dzikir rutin lainnya.

Di bulan Sya’ban juga amat dekat dengan bulan Ramadhan, sehingga bagi yang masih memiliki utang puasa, maka ia punya kewajiban untuk segera melunasinya. Jangan sampai ditunda kelewat bulan Ramadhan berikutnya.

Sumber: www.arrahman.com