Sahabat Anak Saleh, Akhir-akhir ini masyarakat muslim di hebohkan dengan beredarnya mushaf Al Quran yang dikabarkan salah ketik yaitu terdapat pada  Surah Al-Hujurat (dalam bahasa Arab : سورة الحجرات ) adalah surah ke-49 dalam Al-Qur’an. Surah ini tergolong surah madaniyah, terdiri atas 18 ayat. Dinamakan Al-Hujurat yang berarti Kamar-Kamar diambil dari perkataan Al-Hujurat yang terdapat pada ayat ke-4 surat ini.

Imam Bukhari dari lain-lainnya mengetengahkan sebuah hadis melalui jalur Ibnu Juraij yang bersumber dari Ibnu Abu Mulaikah, bahwasanya Abdullah bin Zubair menceritakan kepadanya, bahwa pada suatu hari datang menghadap kepada Rasulullah saw. utusan atau delegasi dari Bani Tamim, Abu Bakar berkata,”Jadikanlah Qa’qa’ bin Ma’bad sebagai amir atas kaumnya.”

Umar mengusulkan “Tidak, tetapi jadikanlah Aqra’ bin Habis sebagai amirnya.” Abu Bakar berkata, “Kamu tidak lain hanyalah ingin berselisih denganku.” Umar menjawab, “Aku tidak bermaksud untuk berselisih denganmu.” Akhirnya keduanya saling berbantah-bantahan sehingga suara mereka berdua makin keras karena saling berselisih.Lalu turunlah berkenaan dengan peristiwa itu firman-Nya, “Hai orang-orang yang beriman! Janganlah kalian mendahului di hadapan Allah dan Rasul-Nya…” (Q.S. Al Hujurat, 1) sampai dengan firman-Nya, “Dan kalau sekiranya mereka bersabar…” (Q.S. Al Hujurat, 5).

Ibnu Jarir mengetengahkan pula hadis lainnya yang juga melalui Qatadah, bahwa para sahabat selalu mengeraskan suaranya kepada Rasulullah saw. bila berbicara dengannya, maka Allah swt. segera menurunkan firman-Nya, “Janganlah kalian meninggikan suara kalian …” (Q.S. Hujurat 2).

Terkait surat Al-Hujurat ini, beredar kabar bahwa ada mushaf Al-Qur’an yang pada ayat ke-8 terdapat kekhilafan dalam cetakan. Berita ini dilansir pada sejumlah situs  Islam online, yang mana terdapat kesalahan penulisan mushaf Al Quran pada surah Al Hujurat (49) ayat 8. Diduga mushaf Al Quran yang ditemukan salah cetak tersebut berasal dari Selangor, Malaysia.

Apabila sobat memiliki Al Quran, silahkan ambil Al-Qur’an, selanjutnya buka Surah Al-Hujurat (surah ke-49) ayat ke-8 dan Karena, Al Quran sendiri, mempunyai aturan dalam hal tata cara membaca Al Quran, salah sedikit saja, makna dari bacaan tersebut berubah. Apalagi masalah seperti ini, perhatikan gambar ini:

Bagaimana, sudah di periksa Al-Qur’an kamu? Apakah Al-Qur’an kamu sudah benar?

Silahkan sebarkan berita ini kepada semua temanmu, khususnya yang muslim. Supaya mereka bisa tahu jika Al-Qur’an yang mereka pegang itu ada kesalahan dalam pencetakan.