Seputar Ananda

Orang Tua Bukan Hafidz tetapi Berhasil Mengantar Anak Menjadi Juara 3 MHQ internasional, Apa Rahasianya?

Sudah menjadi pemberitaan baik di media sosial maupun media elektronik, seorang anak Indonesia yang baru berusia 7 tahun telah berhasil menghafal 30 juz Al Quran dan yang membanggakan lagi, dengan usia yang masih belia tersebut, ananda Musa telah berhasil menyabet juara ke 3 MHQ Internasional. Pasti orang tua dari ananda Musa ini sangat berbahagia dan bangga atas prestasi ananda ini.

Info tambahan, Musa sudah hafal 'Umdatul Ahkam, Arbain Nawawi, Arbain hadits ust Yazid, dan telah selesai Durusul Lughoh. Sekarang sedang menghafal Bulughul Maram. Semua program menghafalnya Musa dilakukan mandiri oleh Abu Musa di rumah saja! Bila Anda ingin mengetahui rahasia di balik prestasi ananda Musa sebagai hafidz muda yang telah menjadi juara dunia, Anda bisa mengetahui rahasianya berikut ini.

1. Pada awalnya Musa kata sang ayah juga sulit menghafal sebagaimana umumnya anak, namun dengan ketekunan akhirnya hafal juga. Kunci paling penting adalah Murajaahnya alias mengulang-ulang hafalan. Perlu diketahui juga Abu Musa tidak hafal semua itu, namun bisa menjadikan Musa hafal dengan kuat.

2. Pergaulan dijaga. Bisa dikatakan Musa kurang bergaul dengan banyak anak, karena memang niat abinya untuk menjaga hafalan.

3. Terjaga dari pengaruh televisi. Musa sangat dijaga jangan sampai nonton televisi. Bukti, pas ana ngobrol dengan beliau di ruang tunggu kebetulan pas di depan televisi beliau minta pindah. Pindah yuk, akh. Takut Musa nantinya lihat televisi, kata beliau.

Read more: Orang Tua Bukan...

Manfaat Anak penghafal Al Qur'an untuk Orang Tua Nya

oleh : Ary Ginanjar Agustian

Kisah Anak Penghafal Alquran, kisah nyata yang membuat hati sang Ayah  tersentuh karena anaknya yang tanpa diajari mengaji oleh orang tuanya ternyata penghafal Al quran. Subhanallah...

Anak Saleh.com . Minggu lalu saya kembali Jum’atan di Graha CIMB Niaga Jalan Sudirman setelah lama sekali nggak sholat Jum’at di situ… Sehabis meeting dengan salah satu calon investor di lantai 27, saya buru2 turun ke masjid karena takut terlambat..dan bener aja sampai di masjid adzan sudah berkumandang… Karena terlambat saya jadi tidak tau siapa nama Khotibnya saat itu.. sambil mendengarkan khotbah saya melihat Sang Khotib dari layar lebar yg di pasang di luar ruangan utama masjid.. Khotibnya masih muda, tampan, berjenggot namun penampilannya bersih..dari wajahnya saya melihat aura kecerdasan..tutur katanya lembut namun tegas…dari penampilannya yg menarik tsb..saya jadi penasaran..apa kira2 isi khotbahnya…

Ternyata betul dugaan saya!!!…isi ceramah dan cara menyampaikannya membuat jamaah larut dalam keharuan..banyak yg mengucurkan air mata (termasuk saya)..bahkan ada yg sampai tersedu sedan... Weleh2..sampai segitunya ya..lalu apa sih isi ceramahnya..koq kayaknya amazing bingitzz…

Dengan gaya yg menarik Sang Khotib menceritakan “true story”..seorang anak berumur 10 th namanya Umar..dia anak pengusaha sukses yg kaya raya.. Oleh ayahnya si Umar di sekolahkan di SD Internasional paling bergengsi di Jakarta..tentu bisa ditebak, bayarannya sangat mahal..tapi bagi si pengusaha, tentu bukan masalah..wong uangnya berlimpah… Si ayah berfikir kalau anaknya harus mendapat bekal pendidikan terbaik di semua jenjang..agar anaknya kelak menjadi orang yg sukses mengikuti jejaknya...

Read more: Manfaat Anak...

Renungan Untuk Orangtua : Izinkan Anak Melewati Kesulitan Hidup

Kita tidak pernah tahu, anak kita akan terlempar ke bagian bumi Allah yang mana nanti, maka izinkanlah dia belajar menyelesaikan masalahnya sendiri.
Jangan memainkan semua peran, ya jadi ibu, ya jadi koki, ya jadi tukang cuci. ya jadi ayah, ya jadi supir, ya jadi tukang ledeng..

Anda bukan anggota tim SAR!
Anak anda tidak dalam keadaan bahaya. *Tidak ada sinyal S.O.S!*
Jangan selalu memaksa untuk membantu dan memperbaiki semuanya.

‪#‎Anak‬ mengeluh karena mainan puzzlenya tidak bisa nyambung menjadi satu, *"Sini...Ayah bantu!".*

‪#‎Tutup‬ botol minum sedikit susah dibuka, *"Sini...Mama saja".*

‪#‎Tali‬ sepatu sulit diikat, *"Sini...Ayah ikatkan".*

‪#‎Kecipratan‬ sedikit minyak
*"Sudah sini, Mama aja yang masak".*

Read more: Renungan Untuk...

Kisah Manjurnya Doa Ibu

Doa orangtua terutama doa seorang ibu merupakan doa yang sangat mustajab. Seperti dalam sebuah hadits Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لاَ شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْوَالِدِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

“Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang tua, doa orang yang bepergian (safar) dan doa orang yang dizholimi.” (HR. Abu Daud no. 1536).

Begitu mustajabnya doa seorang ibu, sehingga diharapkan ibu lebih berhati-hati dalam berucap, karena ucapan atau perkataan bisa menjadi doa. Apalagi jika ibu menginginkan kebaikan selalu menyertai sang buah hati, maka ibu dapat memanjatkan doa untuk kebaikan sang anak. Hal ini pun seperti dikisahkan oleh Dr Fauzia Addabbus, seorang psikolog yang amat populer di Kuwait yang pernah menulis di Twitter tentang rahasia-rahasia doa seorang Ibu jika tiap malam ia mendoakan anak-anaknya, dan ternyata efek dari twitter itu telah mengubah jalan hidup banyak orang........
Isi twitternya sebagai berikut:

" Aku menyumpahmu demi Allah wahai setiap Ibu , ...agar jangan tidur tiap malam sebelum engkau memohon pertolongan Allah dan mengabariNya bahwa engkau Ridho atas anak-anakmu seridho-ridhonya , ....dan aku menyumpahmu demi Allah agar engkau tidak menghijab/menghalangi RidhoNya kepada anak-anakmu.

Dan aku memintamu wahai para ibu agar jangan engkau tidur tiap malam sebelum kau angkat kedua tanganmu sambil menyebut satu persatu nama anak-anakmu.... dan mengabarkan kepadaNya bahwa engkau ridho atas mereka masing-masing. Begini doanya:

اللهم إني أُشهدك أني راضية عن إبني/إبنتي (.....) تمام الرضا وكمال الرضا ومنتهي الرضا
فاللهم انزل رضوانك عليهم برضائي عنهم
" Allahumma innii usyhiduka annii roodhiyah 'an ibnii/ibnatii (sebut nama anak-anakmu satu persatu) tamaamarridho wa kamaalarridho wa muntahayirridho. Fallahumma anzil ridhwaanaka 'alaihim biridhooii 'anhum"

(Ya allah aku bersaksi kepadaMu bahwa aku ridho kepada anak2ku (....) dengan ridho paripurna, ....ridho yang sempurna dan ridho yang paling komplit. Maka turunkan ya Allah keridhoanMu kepada mereka demi ridhoku kepada mereka).

Kemudian setelah berselang beberapa minggu setelah Twitter tersebut tiba-tiba aku dikejutkan oleh seorang ibu yang berkata bahwa aku telah mengubah kehidupannya secara total, ....dan sekarang dia merasa dalam kenikmatan yang tak terlukiskan karena akibat doa itu terhadap dia.... dan anak laki-lakinya yang berumur 22 tahun.

Read more: Kisah Manjurnya...