REPUBLIKA.CO.ID., Bentuk kelalaian orangtua terhadap anak-anaknya adalah ketika buah hati yang merupakan darah dagingnya mengalami "kebutaan" terhadap Alquran.

"Kebutaan Alquranyang dimaksud yakni tidak mampu dalam membaca ayat suci Allah SWT yang sebenarnya penuntun jalan baginya," demikian Ustaz Muhammad Yunus dalam tabligh akbarnya di Masjid Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru, Riau.

 

Untuk itu, demikian Ustaz Yunus, sebaiknya para orangtua sadar akan pendidikan agama anak-anaknya, dan jangan pernah diremehkan hal itu.

Setiap waktu pelajaran untuk sang anak, dalam membaca ayat-ayat Allah SWT menurutnya adalah sebuah tanggungjawab si orang tua dan itu akan dipertanggungjawabkan di masa akhirat nanti.

Menurutnya, banyak cara dan upaya untuk mengajarkan anak-anak untuk mampu membaca Alquran kelak. Salah satunya, kata dia, yakni dengan menjanjikan sesuatu guna merangsang mereka untuk terus belajar.

Kemudian, kata dia, adapun upaya lainnya yakni dengan melakukan ketegasan namun jangan sampai menyakitinya.

"Intinya adalah, bagaimana dengan cara menghidupi anak dan keluarga dengan ayat-ayat suci Allah SWT. Berdoalah kepada sang pencipta agar anak-anakmu menjadi penghafal Alquran," katanya.

Sumber: Antara/republika.co.id